Patroli Perintis Satuan Samapta Polres Manggarai Jaga Situasi Kamtibmas di Kota Ruteng

Patroli Perintis Satuan Samapta Polres Manggarai Jaga Situasi Kamtibmas di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 20 November 2023 - Pada hari Senin, tanggal 20 November 2023, pukul 20.30 WITA, Anggota Satuan Samapta Polres Manggarai bersama dengan anggota Piket Satuan Lalu Lintas melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Samapta, IPDA I Wayan Guna.

Dalam pelaksanaannya, patroli menggunakan 2 unit Randis R4 D-Max dengan kekuatan personel sebanyak 12 orang. Sasaran patroli melibatkan masyarakat yang berkumpul, pengemudi kendaraan bermotor seperti roda dua yang menggunakan knalpot racing, tanpa helm, dan roda empat yang beraktivitas malam hari. Pemukiman warga di beberapa kelurahan, seperti Kelurahan Mbaumuku, Kelurahan Satar Tacik, dan Kelurahan Tenda, juga menjadi fokus patroli. Selain itu, pemuda/pemudi yang berkumpul di berbagai tempat, pedagang kaki lima di kompleks Swalayan Santosa Raya, kompleks RSUD, gudang logistik KPU, dan Kantor KPU Kabupaten Manggarai juga termasuk dalam sasaran patroli.

Anggota patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam, mencari informasi terkait gangguan keamanan, dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Mereka memberikan himbauan serta mengarahkan para pemuda yang sedang minum minuman keras agar segera kembali ke rumah masing-masing untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Teguran dan pembinaan juga diberikan kepada pengendara roda dua yang menggunakan knalpot racing agar segera mengganti knalpot kendaraannya demi menghindari gangguan pada kenyamanan malam hari.

Tujuan dari kegiatan patroli ini adalah tercapainya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Kota Ruteng. Upaya ini juga bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di malam hari. Selain itu, kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang dapat memicu tindak kriminalitas.

Giat Patroli Perintis Presisi ini berlangsung hingga pukul 22.00 WITA dengan situasi yang terpantau aman dan terkendali. Upaya ini diharapkan dapat menjalin hubungan baik sebagai mitra masyarakat, mendapatkan informasi dan partisipasi dari masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan kelompok separatis di tengah-tengah masyarakat.(MBA)