Jaga Situasi Kamtibmas Pasca Pemilu: Samapta Polres Manggarai lakukan Patroli Kota

Jaga Situasi Kamtibmas Pasca Pemilu: Samapta Polres Manggarai lakukan Patroli Kota

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 20 Februari 2024 - Anggota Samapta Polres Manggarai kembali menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan pengaturan lalu lintas pada hari ini, Selasa (20/02), pukul 09.30 WITA. Dalam kegiatan tersebut, anggota Samapta Polres Manggarai berfokus pada dialog dengan masyarakat serta pengaturan lalu lintas, khususnya terkait knalpot kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi teknis di beberapa titik dalam Kota.

Patroli ini menyasar beragam elemen masyarakat, termasuk pejalan kaki, sopir angkot, tukang ojek, sopir ekspedisi, serta kendaraan yang menggunakan knalpot berisik, yang sering disebut "knalpot broong", serta arus lalu lintas secara umum.

Dalam bertindak, anggota Samapta Polres Manggarai mengedepankan komunikasi dialogis dengan masyarakat baik dari dalam maupun luar kota. Mereka juga mengatur arus lalu lintas serta memberikan himbauan kepada para pengemudi untuk menjaga ketertiban berlalu lintas, terutama terkait penggunaan knalpot yang sesuai standar. Hal ini dilakukan guna menghindari gangguan ketenangan warga, terutama setelah pelaksanaan Pemilihan Umum (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), serta menjelang perayaan Paskah.

"Kami ingin memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat terjaga dengan baik, terutama dalam menghadapi momentum penting seperti Pemilu dan perayaan agama," ujar Kanit Turjawali Aiptu Ferdinandus Ador yang memimpin patroli dialogis ini.

Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitasnya di sekitar Kota Ruteng. Patroli ini juga bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat guna mencegah gangguan Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, serta rasa aman dan tentram pada masyarakat.

Dengan melibatkan lima anggota polisi dalam patroli dialogis ini, kegiatan berjalan dengan baik, aman, serta arus lalu lintas tetap tertib dan lancar. Polres Manggarai terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat demi terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua pihak.(MBA)