Bhabinkamtibmas Kecamatan Satarmese Utara Aktif Sosialisasi Pencegahan TPPO dan HPR

Bhabinkamtibmas Kecamatan Satarmese Utara Aktif Sosialisasi Pencegahan TPPO dan HPR

Tribratanewsmanggarai.com-

Senin, 29 April 2024 - Aipda Timoteus L. Agho, seorang Bhabinkamtibmas di Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai, telah aktif dalam kegiatan sosialisasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR).

Pada pukul 09.00 WITA hari ini, Aipda Timoteus melakukan kunjungan ke kantor desa Ruang, Kecamatan Satarmese Utara. Dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan beberapa himbauan penting kepada aparat desa dan warga sekitar.

Salah satu fokus utama dalam sosialisasi ini adalah pencegahan TPPO. Aipda Timoteus menyampaikan pentingnya untuk waspada terhadap ajakan atau tawaran pekerjaan di luar negeri yang terlihat menggiurkan, namun berpotensi menjadi jebakan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. "Kami mengajak semua warga untuk lebih berhati-hati dan tidak tergiur dengan janji-janji palsu yang bisa mengarah pada praktik TPPO," ujar Aipda Timoteus.

Selain itu, Aipda Timoteus juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), seperti anjing dan kucing. Ia menekankan pentingnya untuk memelihara binatang peliharaan dengan cara yang aman, seperti mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan, serta melaporkan ke petugas kehewanan terdekat untuk mendapatkan vaksinasi secara berkala. "Kami ingin memastikan bahwa warga kami tidak hanya terhindar dari ancaman TPPO, tetapi juga menjaga kesehatan dan keselamatan dari ancaman penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan," tambahnya.

Upaya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh Aipda Timoteus diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan TPPO dan HPR, serta mendorong adopsi perilaku yang lebih aman dalam kehidupan sehari-hari.(MBA)