Bhabinkamtibmas Mediasi Damai Permasalahan dalam masyarakat di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai

Bhabinkamtibmas Mediasi Damai Permasalahan dalam masyarakat di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Hari Senin tanggal 22 April 2024, pukul 10.30 Wita, diadakan mediasi damai di rumah Ketua RT 05, Kelurahan Pau, yang dipimpin oleh Bripka M. Alif Jafrin bersama Bripka Mateus Maju, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Mediasi ini dihadiri oleh ibu Wati dan ibu Esti, yang tengah mempermasalahkan keberadaan sebuah pohon Afrika di sekitar pagar tembok.

Permasalahan tersebut mencuat setelah Ketua RT memberitahukan kepada Bhabinkamtibmas bahwa pada tanggal 21 April kemarin terjadi keributan antara kedua belah pihak, akibat dari pohon Afrika yang ditanam oleh ibu Esti di samping pagar tembok milik ibu Wati.

Ibu Wati mengungkapkan kekhawatirannya terhadap pohon tersebut karena akar dan tumbuhan itu telah merusak pagar miliknya. Dalam mediasi ini, turut hadir Lurah Pau, Ketua RT, dan para orang tua dari RT 05.

Hasil mediasi menunjukkan kesepakatan dari kedua belah pihak untuk mengakui kesalahan dan kekeliruan masing-masing karena kurangnya komunikasi yang baik saat kejadian, yang pada akhirnya memicu pertengkaran. Mereka setuju untuk memotong pohon tersebut sebagai tindakan penyelesaian, sambil berjanji untuk menjaga ketertiban dan keamanan di RT 05, Kelurahan Pau.

Bripka M. Alif Jafrin dan Bripka Mateus Maju menegaskan bahwa mediasi seperti ini adalah bagian dari upaya mereka dalam menjalankan problem solving atau penyelesaian masalah di masyarakat. Langkah-langkah seperti ini diambil untuk memastikan keamanan dan kedamaian tetap terjaga dalam lingkungan Masyarakat.(MBA)