Jaga Stabilitas Kamtibmas: Satuan Samapta Polres Manggarai Lakukan Patroli Kota di Ruteng

Jaga Stabilitas Kamtibmas: Satuan Samapta Polres Manggarai Lakukan Patroli Kota di Ruteng
Jaga Stabilitas Kamtibmas: Satuan Samapta Polres Manggarai Lakukan Patroli Kota di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Kamis, 11 April 2024 - Pukul 10.00 WITA, Satuan Samapta Polres Manggarai giat melakukan Patroli Dialogis serta mengatur Arus Lalu Lintas di beberapa titik strategis di Kota Ruteng.

Dalam operasi tersebut, petugas menetapkan beberapa sasaran utama termasuk kerumunan orang di Terminal, para sopir angkot, dan tukang ojek. Fokus juga diberikan pada pengaturan arus lalu lintas di sekitar Kota Ruteng.

Petugas terlibat dalam komunikasi dialogis dengan masyarakat yang terlibat dalam kerumunan, menyampaikan pesan-pesan penting terkait stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Himbauan-himbauan disampaikan dengan tujuan mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak pidana seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada para sopir dan tukang ojek untuk mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan penumpang. Masyarakat yang tidak berasal dari Ruteng juga menjadi sasaran dialog untuk memperoleh informasi mengenai potensi gangguan keamanan dari luar kota.

Patroli ini juga dimanfaatkan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak mudah terprovokasi oleh isu atau informasi yang tidak benar, serta hoax yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah kemungkinan terjadinya kriminalitas dengan mengurangi faktor niat dan kesempatan, serta memberikan rasa aman, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari.(MBA)