Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng, Wujudkan Situasi Kondusif

Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng, Wujudkan Situasi Kondusif
Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng, Wujudkan Situasi Kondusif

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Senin, 08 Januari 2024 - Pukul 10.00 WITA

Anggota Satuan Samapta Polres Manggarai menjalankan giat Patroli Dialogis dan Sambang dalam kota Ruteng pada hari ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan himbauan, serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang Rumah Jabatan (Rumjab), Aspolres, dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Sasaran patroli melibatkan interaksi dengan masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, di jalanan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perampatan, dan para penumpang di beberapa tempat, serta arus lalu lintas.

Petugas patroli berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, tukang ojek, sopir angkot, pedagang, untuk mengarahkan mereka ke tempat yang telah disediakan oleh Pemda/pengelola Pasar. Sambil memberikan himbauan tentang Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terhadap gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas, terutama menghadapi Pesta Demokrasi dan Pilpres.

Patroli dialogis ini juga bertujuan untuk mencari informasi di lingkungan Pasar tentang hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitasnya.

Tujuan utama dari patroli ini adalah meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah pertemuan faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, dan tentram pada masyarakat. Selain itu, patroli ini juga bertujuan menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan R4 Dimax Samapta Kuat pers 6 orang yang dipimpin oleh KBO Samapta IPDA I Wayan Guna dan Kanit Turjawali Samapta Aiptu Ferdinandus Ador.

Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali, serta arus lalu lintas berjalan tertib dan lancar. Upaya yang dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Manggarai diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat di Kota Ruteng.(MBA)