PATROLI KRYD, PAMTURLALIN, DAN HIMBAUAN KAMSELTIBCAR LANTAS DI SEPUTARAN KOTA RUTENG

PATROLI KRYD, PAMTURLALIN, DAN HIMBAUAN KAMSELTIBCAR LANTAS DI SEPUTARAN KOTA RUTENG
PATROLI KRYD, PAMTURLALIN, DAN HIMBAUAN KAMSELTIBCAR LANTAS DI SEPUTARAN KOTA RUTENG

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Tiga personel Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Manggarai melaksanakan Patroli Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas (PAMTURLALIN) serta Himbauan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran (KAMSELTIBCAR) LANTAS di sekitar Kota Ruteng pada Hari Kamis, tanggal 29 Februari 2024, pukul 10.00 Wita. Patroli ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas bagi masyarakat pengguna jalan dan menekan angka kecelakaan serta pelanggaran lalu lintas.

Lokasi patroli yang menjadi fokus antara lain Jalan A. Yani, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Dr. Soetomo. Sasaran dari patroli ini adalah pengendara kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) beserta penumpangnya, serta masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah tersebut.

Personel patroli melakukan beberapa tindakan, antara lain:

  1. Melaksanakan patroli, himbauan lalu lintas, dan pengaturan arus lalu lintas di lokasi rawan kemacetan. Mereka memberikan himbauan kepada pengguna jalan untuk menghindari konsumsi minuman keras sebelum mengemudi, menegur pengendara yang parkir di badan jalan, menghindari penggunaan handphone saat berkendara, selalu menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI), tidak melawan arus, mematuhi batas kecepatan, dan tidak menggunakan knalpot kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi teknis.
  2. Melaksanakan PAMTURLALIN guna memastikan kelancaran arus lalu lintas dan mencegah terjadinya kemacetan.
  3. Memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan Turangga 2024 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024. Masyarakat dihimbau untuk mematuhi aturan dan perundang-undangan lalu lintas yang berlaku demi keselamatan bersama.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai, AKP Sandy Humisar Sibarani, S.H., menegaskan pentingnya upaya-upaya seperti patroli ini dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan menciptakan kondisi lalu lintas yang aman dan lancar bagi semua pengguna jalan.(MBA)