Patroli Samapta Polres Manggarai : Jaga Stabilitas Kamtibmas di Ruteng

Patroli Samapta Polres Manggarai : Jaga Stabilitas Kamtibmas di Ruteng
Patroli Samapta Polres Manggarai : Jaga Stabilitas Kamtibmas di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Senin, 21 Januari 2024 - Pukul 10.00 WITA

Ruteng - Anggota Satuan Patroli Masyarakat (Samapta) Ruteng melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan pengaturan arus lalu lintas guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kota Ruteng. Kegiatan ini dilakukan pada hari ini, Minggu, tanggal 21 Januari 2024, pukul 10.00 WITA.

Sasaran patroli kali ini melibatkan kerumunan orang di Terminal, sopir angkot, tukang ojek, serta mengatur arus lalu lintas di beberapa titik strategis dalam Kota Ruteng. Petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat, menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, dan memberikan himbauan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak pidana atau kejahatan lainnya, seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Patroli juga fokus dalam memberikan himbauan kepada sopir dan tukang ojek agar mematuhi ketentuan lalu lintas yang berlaku, dengan mengutamakan keselamatan penumpang. Dalam dialog dengan masyarakat dari luar kota, petugas mencari informasi tentang potensi gangguan kamtibmas dari luar kota dan memberikan himbauan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Petugas patroli memberikan peringatan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu atau informasi yang tidak benar dan hoaks. Hal ini diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

Kegiatan patroli ini bertujuan meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, diharapkan masyarakat merasa aman dalam beraktivitas dan senang dengan kehadiran kepolisian. Patroli ini juga menjadi upaya pencegahan terjadinya faktor niat dan kesempatan yang dapat memicu kriminalitas, serta memberikan rasa aman, perlindungan, dan pengayoman kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan patroli seperti ini, diharapkan Ruteng tetap menjadi kota yang aman, nyaman, dan damai bagi seluruh warganya.(MBA)