Siddokes Polres Manggarai, Lakukan Home Visit untuk Anggota Polres yang Sakit

Siddokes Polres Manggarai, Lakukan Home Visit untuk Anggota Polres yang Sakit

Tribratanewsmanggarai.com-

Rabu, 11 Oktober 2023

Manggarai - Bripda Martinus Tay Hambandima, S.Kep.,Ns, petugas medis dari Bagian Kesehatan (BAMIN SIDDOKES) Polres Manggarai, bersama dengan KBO Lantas Iptu Ferdi Batuk dan personel Anggota Lantas Polres Manggarai, menjalankan kegiatan Home Visit yang penuh kasih untuk salah satu anggota Polres Manggarai yang sedang sakit, di Perumnas Mena Blok C, Rabu, 11 Oktober 2023.

Anggota yang dikunjungi adalah AIPDA Arif Rahman, Kanit Gakum Sat. Lantas, Polres Manggarai yang saat ini sedang mengalami Angina Pectoris, sebuah kondisi yang ditandai dengan lemas, nyeri dada seperti terbakar, dan keringat dingin. Bripda Martinus dan timnya segera memberikan tindakan medis yang diperlukan, di antaranya pemeriksaan kesehatan dengan hasil tekanan darah (TD) 120/80 mmHg, suhu tubuh (S) 36.7°C, nadi (N) 75 x/menit, dan laju pernapasan (RR) 19 x/menit.

Tindakan selanjutnya dari Sidokkes adalah memberikan saran untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, menjaga istirahat yang cukup, serta memberikan terapi obat sesuai dengan indikasi dari dokter jantung. Obat-obat tersebut mencakup Nitrokaf, Aspilet, ISDN, Simvastatin, Bisoprolol, Ramipril, dan Lanzoprasole.

Selain AIPDA Arif Rahman, Sidokkes juga melakukan kunjungan ke anggota lainnya, yaitu Bripka Marextien Gratiano Rihi, yang merupakan Bagian Analisis Satuan Lalu Lintas (BA SAT LANTAS) di Polres Manggarai. Bripka Marextien mengalami cedera pada kaki kanannya akibat melompat dari jembatan ke air yang ternyata lebih dangkal dari yang diharapkan, menyebabkan dislokasi pada kaki kanannya. Kejadian ini terjadi pada tanggal 8 Oktober 2023.

Setelah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Sidokkes, diketahui bahwa tekanan darah Bripka Marextien adalah 150/90 mmHg, suhu tubuh 36°C, nadi 109 x/menit, dan laju pernapasan 18 x/menit. Selain itu, Bripka Marextien mendapatkan terapi obat, yaitu Dexa dan Mefinter, yang direkomendasikan tergantung pada tingkat nyeri.

Saat ini, Bripka Marextien sedang menjalani perawatan alternatif di Kampung Pitak, dan kondisi bengkak pada kakinya sudah mulai berkurang.

Tim Siddokes Polres Manggarai berkomitmen untuk memberikan perawatan dan perhatian yang terbaik kepada anggota Polres yang sedang sakit atau mengalami cedera, sebagai wujud kepedulian terhadap kesejahteraan dan kesehatan rekan-rekan sejawat. Semoga kedua anggota yang sedang sakit segera pulih dan kembali ke tugas mereka dengan cepat.(MBA)