Tradisi Siraman Mewarnai Upacara Korps Raport dan Kenaikan Pangkat Polri di Polres Manggarai

Tradisi Siraman Mewarnai Upacara Korps Raport dan Kenaikan Pangkat Polri di Polres Manggarai
Tradisi Siraman Mewarnai Upacara Korps Raport dan Kenaikan Pangkat Polri di Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 31 Desember 2023 – Pada hari Minggu, tanggal 31 Desember 2023, pukul 11.30 WITA, di lapangan apel Mapolres Manggarai, berlangsung Upacara Korps Raport Perwira dan Kenaikan Pangkat Bintara Polri Polres Manggarai dan Kompi 2 Yon B Pelopor Periode 01 Januari 2024.

Upacara tersebut dipimpin oleh Inspektur Upacara, Wakapolres Manggarai, KOMPOL KAREL LEOKUNA, S.Kom, M.M. Hadir dalam acara tersebut, Para Kabag, Para Kasat, Danki Brimob Kompi 2 Yon B Pelopor Manggarai, Para Perwira Polres Manggarai, serta peserta upacara yang terdiri dari Anggota Brimob Kompi 2 Batalion B Pelopor Manggarai, Sat Sabhara Polres Manggarai, Gabungan Staf Polres Manggarai, Gabungan Sat Reskrim, Intelkam dan Narkoba, Ibu Bhayangkari Polres Manggarai, serta Personil yang melaksanakan Kenaikan Pangkat.

Sebanyak 25 Personil Polres Manggarai dan Kompi 2 Yon B Pelopor mengalami kenaikan pangkat, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Kenaikan Pangkat Perwira Polres Manggarai dari IPTU menjadi AKP: 3 Personil, dan dari IPDA menjadi IPTU: 2 Personil.
  2. Kenaikan Pangkat Bintara Polres Manggarai dan Kompi 2 Yon B Pelopor Manggarai: 20 Personil, terdiri dari AIPTU: 8 Personil, AIPDA menjadi AIPTU: 1 Personil, BRIPKA menjadi AIPDA: 1 Personil, BRIGPOL menjadi BRIPKA: 1 Personil, BRIPDA menjadi BRIPTU: 1 Personil, dan BRIPTU menjadi BRIGPOL: 9 Personil.

Dalam amanat Kapolres Manggarai yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, intiny menyampaikan beberapa poin penting antara lain :

  1. Kapolres menyampaikan ucapan selamat atas kenaikan pangkat kepada seluruh anggota yang mendapatkan kenaikan. Ia menekankan bahwa kenaikan pangkat harus dipertanggungjawabkan dengan peningkatan kinerja dan dinamika operasional kesatuan.
  2. Kenaikan pangkat juga diakui sebagai jenjang karier dan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian yang baik kepada masyarakat melalui Institusi Kepolisian.
  3. Kapolres berharap agar anggota yang naik pangkat terus menempa diri, meningkatkan kualitas kemampuan diri, dan selalu siap untuk belajar dan berlatih guna meningkatkan kemampuan teknis kepolisian.
  4. Ibu Bhayangkari diharapkan selalu mendukung suami dalam melaksanakan tugas tanpa kekawatiran, kecemasan, dan ketidakpastian.
  5. Kapolres mengucapkan selamat kepada anggota yang naik pangkat serta keluarga masing-masing, mengingat kesuksesan mereka tidak lepas dari dukungan keluarga.

Selanjutnya dilakukan Tradisi Siraman air kembang oleh inspektur upacara kepada personil yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat.

Seluruh rangkaian kegiatan Upacara Korps Raport berakhir pada pukul 12.00 WITA dalam keadaan aman, dilanjutkan dengan ramah tamah syukuran. Perayaan ini menandai awal periode 01 Januari 2024 dengan semangat baru di tubuh Polres Manggarai dan Kompi 2 Yon B Pelopor Manggarai.(MBA)