Waka Polres Manggarai Hadiri Kegiatan Nonton Bareng Pemberian Apresiasi Kasad Award Bersama Merawat Bangsa

Waka Polres Manggarai Hadiri Kegiatan Nonton Bareng Pemberian Apresiasi Kasad Award Bersama Merawat Bangsa

tribratanewsmanggarai.com-

Senin, tanggal 10 Juli 2023, pukul 21.15 Wita, bertempat di Aula Kantor Makodim 1612  Manggarai Jalan Adisucipto, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, berlangsunglah kegiatan nonton bersama acara pemberian apresiasi Kasad Award Bersama Merawat Bangsa kepada media tahun 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdim 1612  Manggarai, Mayor Inf Topan Novianto, Wakapolres Manggarai Kompol Sahidin Suna, Asisten satu Sekda Kabupaten Manggarai Frumentius Do, Kabag Humas Paulus Jeramun, dan Sekretaris Pengadilan Agama Ruteng Supriadi, SH, MH.

Acara pemberian apresiasi tersebut ditayangkan secara langsung melalui YouTube Live dan dibuka dengan sambutan oleh Ketua Panitia, Dr. Djasa Pinaraguti. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan beberapa poin penting, antara lain:

  1. Ucapan selamat datang dan terima kasih kepada seluruh hadirin yang menghadiri acara penganugerahan Kasad Award oleh Bapak Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurrahman bersama dengan dewan pers.
  2. Sebagai pengabdi negara, kita hadir untuk peduli terhadap berbagai masalah dan persoalan bangsa Indonesia. Teknologi informasi memiliki peran penting dalam hal ini, dan media telah menunjukkan perannya secara bersama-sama dalam merawat kebangsaan.
  3. Berdasarkan pemikiran tersebut, Kepala Staf Angkatan Darat memberikan apresiasi kepada media yang telah menunjukkan keberhasilan serta memberikan kontribusi besar terhadap isu-isu bangsa dan negara.

Selanjutnya, sambutan dilanjutkan oleh Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurahman dengan poin-poin berikut:

  1. Indonesia adalah negara besar yang membutuhkan soliditas untuk menjaga keamanan, persatuan, dan kesatuan. Hal ini membutuhkan kolaborasi dan kerja sama dari berbagai pihak.
  2. TNI Angkatan Darat memiliki konsep menghadapi berbagai tantangan kebangsaan saat ini. Jika tidak ditangani bersama-sama, tantangan-tantangan tersebut dapat meruntuhkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.
  3. Saat ini, permasalahan keamanan tidak hanya terkait dengan menjaga negara sebagai objek, tetapi juga menjaga dan melindungi rasa aman manusia dan kemanusiaan itu sendiri.
  4. Diperlukan paradigma baru mengenai keamanan, di mana tidak hanya fokus pada keamanan negara, tetapi juga keamanan individu atau keamanan manusia. Saat ini, terdapat ancaman di banyak sektor kehidupan, seperti bencana alam, konflik kekerasan, kemiskinan kronis, penyakit, stunting, ancaman kekerasan terhadap anak dan perempuan, terorisme internasional, kemunduran ekonomi, serta persoalan keuangan yang dapat menimbulkan kesulitan bahkan kekacauan, sehingga melemahkan prospek pembangunan berkelanjutan, perdamaian, dan stabilitas. Pada akhirnya, semua ini akan menimbulkan ancaman terhadap keamanan.
  5. Adapun 10 isu strategis bangsa antara lain keberagaman dan toleransi, terorisme, penyetaraan gender, inovasi digital, solidaritas internasional, peran TNI-AD di tengah kesulitan rakyat, pembangunan di daerah 3T, perlindungan anak, penanganan stunting, dan pelestarian kebudayaan.

Setelah sambutan dari Kasad, acara dilanjutkan dengan pembacaan nominasi Kasad Award tahun 2023. Semua hadirin terlihat antusias mengikuti acara ini yang merupakan momen penting dalam mengapresiasi kontribusi media dalam menjaga kebangsaan dan keamanan negara. Semoga apresiasi ini dapat mendorong semangat media untuk terus berperan aktif dalam merawat bangsa Indonesia.