Bhabinkamtibmas Himbau Masyarakat Kampung Ntala Waspada Terhadap TPPO, HPR, dan Bencana Alam

Bhabinkamtibmas Himbau Masyarakat Kampung Ntala Waspada Terhadap TPPO, HPR, dan Bencana Alam

Tribratanewsmanggarai.com-

Kecamatan Rahong Utara, 07 Mei 2024 - Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas dari Kampung Ntala, Desa Buar, melakukan kunjungan rutin sebagai bagian dari upaya pencegahan berbagai potensi masalah sosial dan bencana alam. Pada hari Selasa pukul 11.00 WITA, Aipda Kornelius melakukan pertemuan dengan masyarakat setempat di sebuah bengkel motor, yang juga dihadiri oleh Bapak Heribertus dan beberapa warga lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Kornelius menerima informasi dari masyarakat bahwa hingga saat ini belum ada laporan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah tersebut. Namun, sebagai langkah pencegahan, Aipda Kornelius memberikan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya TPPO. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak tergiur dengan iming-iming pekerjaan di luar negeri secara ilegal, serta mengajak untuk melaporkan segala kegiatan mencurigakan kepada pihak berwenang.

Selain itu, Aipda Kornelius juga memberikan peringatan tentang bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Ia menekankan kepada pemilik hewan peliharaan untuk mengikat atau mengandangkan hewan mereka guna mencegah kasus gigitan yang bisa berujung pada penularan penyakit rabies.

Tak hanya itu, Aipda Kornelius juga menyoroti kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Ia mengingatkan masyarakat untuk segera melapor kepada petugas Bhabinkamtibmas apabila terjadi musibah, serta tetap menjaga keselamatan diri dan membantu sesama dalam situasi darurat.

Terakhir, Aipda Kornelius mengajak masyarakat untuk tidak melakukan tindakan main hakim sendiri dalam penanganan masalah kamtibmas, dan selalu berkoordinasi dengan pihak berwenang jika menghadapi gangguan keamanan.

Kunjungan dan himbauan dari Aipda Kornelius ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi masalah sosial dan bencana alam di wilayah mereka.(MBA)