Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, Aipda Ridwan Lubalu, Sambangi Warga dan Salurkan Bantuan Sosial

Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, Aipda Ridwan Lubalu, Sambangi Warga dan Salurkan Bantuan Sosial

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong, 28 November 2023 - Pada hari ini, Selasa tanggal 28 November 2023, Aipda Ridwan Lubalu, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, melaksanakan kegiatan patroli dan kunjungan door-to-door ke rumah warga di Desa Tengku Lese Kampung Polor dan Wae Reca. Selain itu, petugas tersebut juga melakukan penyaluran bantuan sosial dari Bapak Presiden RI.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Ridwan Lubalu menyampaikan pesan kamtibmas dan meneruskan himbauan dari Kapolres Manggarai terkait beberapa isu penting di masyarakat. Berikut adalah poin-poin yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas:

A. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam menangani Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Beliau menekankan pentingnya kerjasama masyarakat agar keluarga dan kerabat tidak menjadi korban TPPO.

B. Pengikatan Hewan Peliharaan dan Pencegahan Rabies

Aipda Ridwan Lubalu menghimbau kepada pemilik hewan peliharaan, terutama anjing, untuk selalu mengikat atau menjaga mereka dalam kandang. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit rabies yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

C. Pencegahan Karhutlah (Kebakaran Hutan dan Lahan)

Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Meskipun saat ini sudah memasuki musim hujan, Bhabinkamtibmas tetap mengingatkan agar warga tetap waspada dalam membuka lahan guna menghindari terjadinya kebakaran.

D. Pengawasan Anak-anak dan Pencegahan Kenakalan Remaja

Aipda Ridwan Lubalu mengajak para orang tua untuk selalu mengawasi anak-anak mereka, mencegah mereka terjerumus dalam pergaulan bebas. Bagi remaja, Bhabinkamtibmas menegaskan pentingnya untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

E. Bijak Berpolitik menjelang Pemilu 2024

Menjelang Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat agar bijak dalam berpolitik. Beliau menekankan agar perbedaan pilihan politik tidak menjadikan pecah belah hubungan keluarga dan kekerabatan. Bhabinkamtibmas juga menghimbau agar selalu menjaga situasi kamtibmas di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihak kepolisian dalam menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat serta meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah tugasnya.(MBA)